Indek

Sabtu, 22 Mei 2010

Perbandingan Swift, Yaris dan Jazz


Tidak dapat dipungkiri lagi, peta persaingan ketiga mobil ini begitu ketat. Bagaimana tidak, ketiga mobil ini sama-sama bermain di segmen mini MPV kelas 1500. Jazz hadir pertama kali, pada tahun 2004 dan langsung diterima dengan sangat hangat oleh masyarakat Indonesia, karena dinilai sangat irit. Selang dua tahun berikutnya lahirlah Yaris yang sengaja dilahirkan untuk menghadang peningkatkan angka penjualan Jazz yang begitu tinggi. Tidak mau ketinggalan, Suzuki juga menetaskan Swift untuk menghadang laju penjualan kedua mobil tersebut. Mudah-mudahan informasi ini menambah referensi Anda sebelum membeli mobil idaman:
Swift
Pertama kali hadir pada kisaran harga 150jutaan dengan dua pilihan varian, yaitu GL dan GT. Pertama kali Swift masih menyandang gelar CBU langsung dari Jepang. Karena angka penjualan yang terus meningkat, akhirnya dibuatlah tempat perakitan sendiri di daerah Bekasi. Alhasil harga Swift menjadi lebih murah sekitar 30jutaan. Swift dipersenjatai mesin 1.5L dengan kode mesin M 15A, DOHC, 16 Valves, VVT (Variable Valve Timing).  Swift sudah mengaplikasikan sistem multi injeksi dengan perbandingan kompresi 1:9.5. Alhasil Swift sangat aman bila dicekoki Premium. Dengan mesin 1500cc, Swift dapat menghasilkan tenaga sebesar 100HP/6000rpm dan Torsi sebesar 143Nm/4000rpm. Untuk bagian kaki-kaki, Swift diperkuat dengan MacPherson Strut & Coil Spring untuk suspensi depan dan Torsion Beam & Coil Spring untuk bagian belakang. Swift mampu menampung lima orang penumpang dengan nyaman dan dapat menampung 45L dalam tangkinya. Perbedaan antara Swift CBU dengan CKD diantaranya. Tidak ditemukannya lagi Cruise Control (alat untuk mengatur audio langsung di lingkar kemudi), tidak ditemukannya Airbag/Kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan, Jok yang sekarang sudah buatan Filipina bukan asli Jepang lagi. Masalah harga, Swift dibanderol sebesar 158.500.000,- untuk tipe terendahnya yaitu Swift ST MT dan untuk tipe tertingginya yaitu Swift GT2 AT sebesar 181.500.000,-.
Yaris
Lahir pada tahun 2006 dengan mengambil konsep Toyota Auris di Thailand dan Jepang. yaris dilahirkan dengan tujuan menghadang laju penjualan Jazz. Yaris mengusung mesin 1.5L, IL 4 Silinder, 16 Katup, DOHC, VVT-i. Tenaga yang mampu dikeluarkan Yaris yaitu sebesar 109HP/6000rpm dengan torsi yang sebesar 14.4kgm/4,200 rpm. Untuk kaki-kaki Yaris dipersenjatai oleh MacPherson Struts dengan Pegas Koil & Stabilizer untuk depan dan Torsion Beam dengan Pegas Koil untuk belakang. Untuk segi keamanan aktif, Yaris didukung oleh Cakram Berventilasi ABS, EBD, BA untuk depan dan Tromol ABS, EBD, BA. Saat ini yaris dibanderol sebesar 168.200.000 untuk 1.5 J M/T dan 201.200.000 untuk 1.5 S Ltd A/T.
Jazz
Kami sengaja meletakkan Honda All New Jazz paling akhir dari kompetitor-kompetitor lainnya. Karena, Honda All New Jazz sudah “merakyat” di tengah masyarakat. Jazz terlahir pada tahun 2004 dengan menghadirkan dua pilihan mesin yaitu i-dsi dan v-tec. Walaupun sekarang kedua mesin itu sudah digabungkan menjadi satu yaitu i-Vtec. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Honda All New Jazz. All New Jazz dipersenjatai mesin 1.5L dengan sistem injeksi bahan bakar PGM-FI atau singkatannya dari Programmed Fuel Injection. Berbeda dengan kedua kompetitor lainnya yang mengusung mesin DOHC, All New Jazz lebih memilih SOHC dalam pengatur katup mobil All New Jazz. Selling Point lebih dari All New Jazz ini adalah teraplikasinya teknologi terbaru dari Honda yang diberi nama Torque Boost Resonator (TBR). Torque boost resonator mengubah aliran udara yang tersedot oleh air intake menjadi udara bertekanan dan tinggi. Aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan tinggi itu menciptakan gerakan udara berputar seperti layaknya efek angin tornado. Efek tersebut menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi untuk memberikan torsi dan tenaga kuda yang lebih maksimal. Dengan teknologi yang secanggih itu maka sangat wajarlah bila tenaga yang dimiliki oleh All New Jazz ini hingga 120HP/6600rpm dan torsi sebesar 45Nm/4800rpm. Perbandingan kompresi yang dimiliki All New Jazz juga terbilang tinggi dikelasnya. 1:10.4 menjadi perbandingan kompresi yang dimiliki All New Jazz dan mewajibkan para pemiliknya untuk memberi minum All New Jazz dengan bensin beroktan 92. Untuk segi suspensi, All New Jazz menggunakan MacPherson Struts untuk kaki depannya dan H-Shape Torsion Beam untuk kaki belakangnya. Untuk tipe terendahnya All New Jazz manual dibanderol sebesar Rp. 178.000.000 dan untuk tipe tertinggi yaitu All New Jazz RS matic dibanderol sebesar Rp. 200.500.000.
note:  untuk harga terbaru bisa anda cari info di dealer terdekat
(dikutip dari willycar.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar