Indek

Kamis, 20 Mei 2010

Pengin Memiliki Mobil? Beli atau sewa?


Mempunyai mobil untuk sebagian orang merupakan impian yang lumayan sulit untuk diwujudkan. Bagaimana tidak, kondisi ekonomi yang pas-pasan memaksa kita untuk cerdas menyikapi keadaan. Mungkin selain memenangkan undian, hanya tiga cara agar kita bisa mengemudikan mobil baru atau mobil bekas, yaitu membayar tunai, mengambil pinjaman/kredit,  atau sewa. Dan kita harus pintar memilih yang terbijak untuk kita. 

Berikut ini sedikit tips untuk menentukan apakah mesti membeli mobil dengan tunai, membeli dengan kredit, atau memilih menyewa saja: 


Membeli mobil dengan cara tunai, bisa menjadi cara termurah dan hemat karena kita tidak perlu membayar bunga pinjaman. Tetapi jika kita membayar tunai, kita akan melepaskan kesempatan dengan uang tunai yang dimiliki itu, misalnya untuk usaha atau yang lain. Pilihan investasi yang tepat akan mempengaruhi keuntungan dan kerugian kita membeli mobil secara tunai, dan bisa dihitung dan diperbandingkan. Kita akan mendapat biaya tambahan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk membayar bunga.

Membeli mobil dengan cara kredit, Namun, ada alasan kuat untuk tidak membeli mobil dengan tunai, di antaranya kebanyakan orang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil dengan cara tunai. Mungkin kita akan rugi dengan membayar tunai, karena bunga pinjaman / bunga kredit di bawah 12 persen/tahun, sedangkan investasi kita menghasilkan 15 persen dalam setahun.

Menyewa mobil, Jadi jika tidak memiliki uang tunai, tinggal dua pertanyaan, apakah lebih murah menyewa atau membeli mobil dengan cara kredit?
Pembayaran bulanan untuk sewa pasti lebih murah daripada membayar angsuran kredit mobil. Tapi ingat, pada akhir pinjaman, kita akan memiliki mobil, akan memiliki nilai jual kembali, atau kita bisa mengendarai dengan bebas tanpa tagihan bulanan. Dengan sewa, kita tidak akan memiliki apa pun, kecuali kenangan dan mungkin sedikit penyesalan.

Kenapa pembayaran bulanan lebih mahal? Pembayaran angsuran bulanan kreddit mobil terdiri dari pembayaran kembali jumlah pinjaman ditambah biaya bunga. Sedangkan pembayaran sewa bulanan terdiri dari biaya penyusutan ditambah dengan biaya bunga. Karena itu, sewa mobil jauh lebih murah. 

Lalu, bagaimana dengan Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar