Indek

Minggu, 06 Juni 2010

Tanda-tanda Mesin Mobil Bermasalah


Kenyamanan dan ketenangan saat kita berkendara melakukan perjalanan jauh perlu diperhatikan demi keamanan perjalanan kita. Namun karena sebagian kita merupakan orang awam dalam hal pengetahuan mesin mobil, terkadang kita lalai untuk mengenali tanda-tanda adanya masalah pada mesin mobil kita.
Memang untuk urusan perawatan mobil, saat ini sudah banyak tersedia bengkel resmi maupun tidak resmi di sekitar tempat tinggal kita. Tidak ada salahnya kita mempunyai sedikit pengetahuan untuk mengenali tanda-tanda masalah pada mesin mobil kesayangan kita. Tanda yang biasa terjadi adalah getaran mesin yang sedikit aneh dan berbeda dari biasanya.

Beberapa komponen mesin yang sering menjadi penyebab mesin mobil bergetar tidak normal adalah distributor, koil, busi, sistem injeksi atau karburator (salah satu), dan setelan idle katup karburator.
Pendeteksian komponen rusak harus diawali dengan pengetahuan akan fungsi komponen tersebut. Berikut ini fungsi masing-masing komponen dan indikasi kerusakannya:

1.Distributor
Komponen ini berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Bila pendisribusian tenaga terganggu otomatis mesin bekerja dengan tidak baik.

2.Koil
Koil berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Sehingga bila rusak, maka proses pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.

3.Busi
Busi yang aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Jika menemukan salah satu busi bermasalah maka wajib hukumnya mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda.

4.Sistem injeksi (Khusus mobil bersistem injeksi, bukan karburator)
Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.
Sebenarnya komponen ini jarang rusak namun sering kali menimbulkan gejala bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.
1.Coba lakukan langkah berikut:
  -Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
 -Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut) 
Bila mesin terasa terbatuk (mbrebet) kemungkinan besar injector kotor.
Solusinya adalah dengan melakukan Injector Cleaning. Ada beberapa metode diantaranya Ulrasonic dan Interject Service. Injector Cleaning sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km untuk menjaga sistem ini selalu prima. Umumnya, bensin Premium lebih kotor dibandingkan Pertamax dan Pertamax+ sehingga otomatis mobil yang menggunakan bensin Premium Injectornya cenderung lebih cepat kotor.
2.Karburator
Secara fungsi sama dengan injektor yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.

Setelan katup Karburator
Ini bukan komponen, hanya settingan saja. Bila setelan idle katup terlalu tinggi katup karburator tak menutup sempurna, dan menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak (membanjir).

Mudah-mudahan informasi dasar ini membuat kita lebih percaya diri dan tidak panik saat mesin mobil kesayangan kita mulai menunjukan gejala bergetar tidak normal. Dan yang penting adalah mesti melakukan service secara teratur. (situsotomotif)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar